background

BERITA

Gubernur Koster Buka Seminar Internasional UNHI


Image

BEKERJASAMA dengan Grand Academic Portal of India, Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar menggelar Seminar Internasional bertajuk "Possibilities and Probabilities In Higher Education Of Asia" di ruang Aula Rektorat Unhi Denpasar, Jumat (3/5) kemarin. Seminar Internasional yang dibuka langsung oleh Gubernur Bali, Wayan Koster menghadirkan 3 keynote speakers, yaitu Prof. Dr. Susanto Zuhdi, MA., Dicky Sofjan, Ph.D., dan Dr. Gurudutta P. Japee. Seminar dirangkai dengan penandatanganan MoU kerjasama antara Unhi Denpasar dengan Gujarat University of India.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., mengatakan daya saing produktivitas ilmiah Bangsa Indonesia masih relatif ketinggalan dibandingkan dengan produktivitas ilmiah dari negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Padahal, jumlah universitas dan guru besar di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan negara-negara tersebut. Oleh karena itu, Unhi Denpasar sebagai salah satu universitas umat Hindu di Indonesia mempunyai kewajiban untuk meningkatkan produktivitas ilmiah bangsa Indonesia. Salah satunya dengan membangun dan menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan internasional. Sebab, daya saing suatu bangsa dapat ditunjukkan dengan produktivitas ilmiah dari bangsa itu sendiri.

Bekerjasama dengan Grand Academic Portal of India, dikatakan karena Grand Academic Portal memiliki komitmen bagaimana menyetarakan dan menyamakan kualitas perguruan tinggi di Asia dengan negara-negara lain di dunia. Semangat ini sama dengan semangat yang dibangun dan dikembangkan di Unhi Denpasar. Bahkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk memperkuat keunggulan Unhi Denpasar. Salah satunya dengan mengembangkan Jurnal Internasional yang ditulis oleh pakar-pakar yang ahli dibidangnya.

"Mimpi kami adalah Unhi Denpasar satu-satunya memiliki Jurnal Internasional yang terindeks scopus di Bali. Kenapa ini kami yakini?, karena kami menonjolkan apa yang menjadi potensi yang kami miliki di Unhi, yaitu inter-religius dan inter-cultur studies. Sehingga, potensi yang kami kembangkan yaitu pada bidang agama, seni dan budaya,"ujar Prof. Damriyasa, Jumat (3/5) kemarin.

Gubernur Bali Wayan Koster, menilai Unhi Denpasar telah turut memberikan kontribusi dan berperan penting dalam mensukseskan Pembangunan Daerah Bali. Pihaknya berharap partisipasi dan sumbangsih yang selama ini telah diberikan kepada masyarakat dan Pemerintah Provinsi Bali dapat terus ditingkatkan. Apalagi, sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Bali, Unhi Denpasar dinilai telah mampu berinovasi serta berkontribusi dalam proses penciptaan dan penyediaan sumber daya manusia yang berkualifikasi dan berkompetensi tinggi sesuai kebutuhan pembangunan daerah, lebih khusus lagi dalam pengembangan dan pelestarian nilai-nilai Agama Hindu dan Budaya Bali. Penguatan dan pelestarian nilai-nilai luhur keagamaan dan kebudayaan harus diikuti dengan penanaman ideologi religius-kultural melalui ilmu pengetahuan secara terstruktur. HM