background

BERITA

Minat Masyarakat Kuliah di Unhi Denpasar Meningkat


Image

UNIVERSITAS Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar melaksanakan testing seleksi calon mahasiswa baru gelombang I Tahun Akademik 2019/2020, Sabtu (5/5). Sebanyak 600 orang lebih calon mahasiswa baru mengikuti testing tersebut. Ini menunjukkan bahwa, antusiasme masyarakat khususnya generasi muda untuk kuliah di Unhi Denpasar sangat besar. Bahkan, jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan karena saat ini Unhi Denpasar terus berbenah untuk menjadi Universitas Hindu unggulan di Indonesia.

Rektor Unhi Denpasar, Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, M.S., mengatakan bahwa perhatian masyarakat terhadap Unhi Denpasar sudah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan antusias masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi di Unhi Denpasar terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Apalagi, biaya pendidikan yang dikenakan di Unhi Denpasar sangat terjangkau dengan berbagai jenis beasiswa yang disediakan. Selain itu, Unhi sudah melakukan terobosan-terobosan akademik dengan berbasis pada teknologi informasi. Unhi juga sudah me-launching sistem Sruti. Ini menunjukkan Unhi Denpasar sudah menjadi kampus yang milenial, sesuai tuntutan zaman.

Prof. Damriyasa melanjutkan, pendaftaran mahasiswa baru gelombang I jumlah pendaftarnya banyak, bahkan mencapai enam ratus lebih. Sehingga, proses seleksi yang dilakukan semakin ketat guna menghasilkan output yang berkualitas. "Setiap gelombang kita akan sisakan, tujuannya untuk mencari input yang berkualitas. Dengan input yang berkualitas tentu akan menghasilkan output yang berkualitas pula,"tegas Prof. Damriyasa, Sabtu (4/5).

Sebagaimana diketahui, Unhi Debpasar membuka peluang beasiswa bagi ratusan calon mahasiswa. Khusus untuk prodi-prodi langka, Unhi Denpasar juga memberikan beasiswa gratis SPP bagi 15 pendaftar pertama. Total sebanyak 180 calon mahasiswa akan diberikan beasiswa gratis SPP sampai lulus sarjana. Di samping juga menyediakan beasiswa lainnya kepada calon mahasiswa baru.

"Ini merupakan komitmen Unhi Denpasar untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas generasi muda Bali, khususnya yang berhubungan dengan pelestarian adat, agama dan budaya Bali,"papar Prof. Damriyasa.

Unhi Denpasar saat ini memiliki 7 Fakultas dengan 13 Prodi pada program Sarjana. Adapun fakultas yang ada di Unhi, yakni Fakultas Ilmu Agama, Seni, dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Fakultas Hukum. 

Unhi Denpasar juga memiliki beberapa prodi, yakni Prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, Prodi Ilmu Filsafat Hindu, Prodi Hukum Agama Hindu, Prodi Hukum Adat, Prodi Teknik Sipil, Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Biologi, Prodi Kesehatan Ayur Weda, Prodi Pendidikan Agama Hindu, Prodi Pendidikan Seni Karawitan, Prodi Seni Tari Keagamaan Hindu, dan Prodi Pendidikan Seni Rupa dan Ornamen Hindu. Unhi juga memiliki Program Pascasarjana Magister (S2) dan Doktor (S3) Prodi Ilmu Agama dan Kebudayaan dan Prodi Pendidikan Agama Hindu.

Untuk generasi muda yang belum ikut testing gelombang I, Unhi Denpasar akan membuka pendaftaran gelombang II pada 6 Mei sampai 11 Juli. Sedangkan gelombang III akan dibuka tanggal 15 Juli sampai dengan 1 Agustus. Informasi pendaftaran bisa diakses di website www.unhi.ac.id, atau bisa mengisi form online dengan cara buka https://smrti.unhi.ac.id/login. HM